Laman

Selasa, 02 Agustus 2011

Paint Tool SAI

Assalamualaikum, minna.. puasa,alim dikit lah.
Hem,hem, kali ini aku mau posting kegembiraan aku tentang software yang mirip Photoshop, tapi bukan Photoshop, yaitu SAI.

Apa itu kalian tanya? Heerh...
Takut salah ngejelasinnya juga siih. Intinya tuh peralatan di Photoshop hampir semuanya dipermudah di software ini. Nah, karena penyederhanaannya pula, sepertinya SAI kebanyakan hanya dipakai untuk membuat atau mewarna gambar (khususnya animasi) Jadi, para fanarters sempat tertolong dengan software ini. walau fanart saya abal-abal, tetap tertolong juga kook =3=

Bukannya Photoshop itu jadi nomor dua, ooh tidaak. Peralatan di Photoshop tetap yang paling utama, karena paling canggih sendiri. Namun, ada baiknya kalau dikolaborasikan antara keduanya (SAI dan PS)

Keunggulan SAI daripada PS (menurut saya) adalah :
- Dokumen Photoshop bisa dibuka di SAI, namun tidak sebaliknya.
- Blur Tool dan Water Tool di SAI dewa! Persis kayak imajinasi aku. Blurnya rada' berkombinasi dengan 'smudge tool' di PS, jadinya agak tertarik gitu warnanya kalau diblur, tapi nggak berlebihan. (coba sendiri kalau mau lebih jelas ^w^)
- Pen Tool di SAI nggak pakai sistem vektor seperti di PS. Sekali kamu tarik garis, garisnya langsung jadi ('stroke' otomatis), dan bisa di stroke ulang juga. Kalau di PS kan harus menentukan vektornya dulu baru bisa di stroke. Buat aku sih itu masih terlalu ribet =3=.

Karena saya baru downloadnya kemarin, jadinya nggak terlalu berpengalaman. Tapi, kalau aku bilang sih, mewarnai lebih enak kalau pakai SAI (tapi untuk gaya mewarnai yang halus/tidak kaku seperti anime)
Ini pas saya pakai PSD :
(caution : saya malas menambahkan shadow di PSD karena capek dan ribet XP)
*click the picture to maximize it*
Dan ini gambar saya pas pakai SAI :
(caution : saya tergila-gila dengan Blur Toolnya, kalo berantakan saya minta maaf =w=)

*click the picture to maximize it*
Bagaimana menurut kalian? Lihat perbandingannya, bukan?  Iya, aku tau dua-duanya nggak begitu bagus, tapi hasilnya masih bisa dibandingkan kaaan?? \( `A)/

Oh ya, gambar di atas itu adalah Mihashi Ren, OC dari Ookiku Furikabutte. Jadi..
ITU BUKAN NARUTO ATAU BLEACH!! Yang mengira seperti itu bakal berurusan serius dengan saya nanti!

Tertarik menggunakan SAI?
Silahkan klik link di bawah  ini  ^^p (portable)
MF DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar